5 TIPS MENCUCI BAJU SABLON AGAR TIDAK LUNTUR DAN RUSAK

Sering kita jumpai kaos kita sablonya mudah rontok. Tentu hal ini membuat kita jengkel, tetapi tenang kali ini kita akan shering bagaimana mencuci kaos sablon agar tidak luntur dan rusak.

Sebelumnya kita harus mencari tahu sebab rontoknya sablon kita, baik dari rusak secara tektur maupun warnanya memudar. Semua hal itu bisa disebabkan karena kita salah mencuci kaos sablon kita. Berikut ini tips mencuci kaos sablon agar awet serta tidak mudah rusak.

1. Perhatikan Pemakaian Bahan Cucian

Hindari pemakaian detergen secara berlebihan, serta hindari pemakaian pemutih ketika mencuci kaos sablon. Pemakaian pemutih dapat membuat bahan sablon anda cepat pudar dan tekstur sablonnya menjadi tipis.

2. Pisahkan Saat Mencuci

Cara mencuci kaos sablon supaya tidak luntur dengan cara menyeleksi baju yang anda memiliki. Pisahkan kaos sablon kalian sesuai masing-masing warna yang kalian miliki dan hindari mencampurkan 2 warna yang berbeda jauh saat mencuci. Contohnya jangan campurkan warna kuat seperti merah dan putih. Sebab dapat mencampur dan membuat pudar kaos satu sama lain.

3. Jangan Terlalu Lama Saat Merendam Baju

Tips selanjutanya agar kaos sablon kalian tidak luntur yaitu tidak terlalu lama saat proses perendaman. Merendam baju terlalu lama akan berpotensi membuat lapisan sablon cepat rusak Karena panas yang ada di dalam detergen.

Pastikan merendam pakaian sabalon anda selama tidak lebih dari setengah jam. Tidak menggunakan detergen secara berlabihan.

4. Mencuci Tanpa Mesin Cuci Dan Jangan Disikat

Jika kalian memiliki baju favorit seperti kaos jersey bola dan kalian merasa khawatir jika itu luntur atau rusak, maka usahakan tidak mencucinya menggunakan mesin cuci. Penggunaan mesin cuci menyebabkan gesekan antara kaos sehingga berpotensi sablon anda menjadi rusak.

5. Cuci Dan Jemur Secara Terbalik

Cara mencuci baju sablon agar tidak luntur atau rusak lainya adalah dengan mencuci kaos dalam posisi terbalik. Maksudnya kaos yang ada bagian sablonnya berada di bagian dalam sementara bagian yang tidak ada sablonya berada di luar. Setelah itu jemurlah baju favorite kalian dengan menjemur secara terbaik supaya baju kalian tidak pudar warnanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge